Monday, November 9, 2015

Pengertian Media Pembelajaran - Media pembelajaran menurut Anitah (2008: 2) adalah setiap orang, bahan, alat, atau peristiwa yang dapat menciptakan kondisi yang memungkinkan peserta didik menerima pengetahuan, keterampilan dan sikap. Adapun ciri-ciri umum yang terkandung dalam batasan media yang dikemukakan oleh Arsyad (2015: 6), sebagai berikut:

1.Media pendidikan memiliki pengertian fisik (hardware) yang dapat dilihat, diraba dan didengar dengan panca indera.

2.Media pendidikan memiliki pengertian non fisik (software) yaitu kandungan pesan yang terdapat dalam perangkat hardware merupakan isi yang ingin disampaikan kepada siswa.

3.Penekanan media pendidikan terdapat pada visual dan video: (1) media pendidikan dapat diartikan sebagai alat bantu proses belajar, (2) media pendidikan digunakan dalam rangka komunikasi dan interaksi antara pendidik dan peserta didik

4.Media pendidikan dapat digunakan secara masal.

Media berasal dari bahasa latin merupakan bentuk jamak dari medium secara harafiah berarti perantara atau pengantar. Banyak batasan yang diberikan tentang pengertian media. Asosiasi Teknologi dan Komunikasi Pendidikan (Association of Education and Communication Technology/ AECT) dalam Sadiman (2006: 6) membatasi media sebagai segala bentuk dan saluran yang digunakan untuk menyalurkan pesan atau informasi. Ahmad (2004: 3) mendefinisikan media sebagai segala sesuatu yang dapat diindra yang berfungsi sebagai perantara/sarana/alat untuk proses komunikasi (proses belajar-mengajar).

Dari beberapa pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran adalah perantara antara sumber atau pembawa pesan dan penerima pesan atau segala sesuatu informasi yang dapat digunakan sebagai sarana menyalurkan pesan untuk mengefektifkan proses belajar. Dengan demikian, media pembelajaran memberikan penekanan pada posisi media sebagai wahana penyalur pesan atau informasi belajar untuk mengkondisikan seseorang untuk belajar. Dengan kata lain, pada saat kegiatan belajar berlangsung bahan belajar yang diterima siswa diperoleh melalui media.

0 komentar:

Post a Comment

 
close