Monday, November 9, 2015

Perencanaan Desain Pembelajaran - Perencanaan desain instruksional ini dimaksudkan untuk bisa dipergunakan di sekolah dasar, sekolah lanjutan, maupun perguruan tinggi juga bisa diterapkan mla-mula dari suatu judul, pokok bahasan, dan untuk keatuan mata pelajaran yang pada hakikatnya melibakan beberapa pengajar.


Desain Instruksional


Desain pembelajaran ini dirancang untuk menjawab tiga  pertanyaan yaitu :
1.Apa yang harus dipelajari (tujuan pengajaran).

2.Apa/bagaimana prosedur, dan sumber-sumber belajar apa yang tepat untuk mencapai hasil belajar yang diinginkan (kegiatan dan smber belajar).

3.Bagaimana kita tahu bahwa hasil belajar yang diharapkan telah tercapai (evaluasi).

Untuk merencanakan desain pembelajaran tersebut ikutilah delapan langkah sebagai berikut ini.
1.Buatlah/susunlah pokok-pokok bahasan, dan tentkan tujuan untuk tiap pokok bahasan tersebut (goalss, topics and general purposes).

2.Sebutkan karakteristik siswa yang penting sehubungan dengan desain yang akan dibuat (learner charachteristics)

3.Sebutkan apa saja yang menjadi tujuan belajar yang akan dicapai oleh siswa di mana hasil belajar siswa tersebut  memungkinkan  untuk diukur (learning objectives).

4.Buatlah daftar isi (materi) pelajaran yang akan membantu tiap tujuan sub 3 di atas (subject content)

5.Kembangkan suatu tes perkiraan (assessment) untuk menjajaki latar belakang siswa dan pengetahuan siswa tentang pokok bahasan yang akan diajarkan (pre-assessment).

6.Tentukan kegiatan mengajar dan belajar, serta pilihan sumber- sumber belajarnya (teaching/learning activities and resources)

7.Koordinasilah semua sarana penunjang seperti anggaran, personalia, fasilitas, peralatan, dan jadwal kegiatan untuk menunjang ter- laksananya rencana pengajaran (support serv ices).

0 komentar:

Post a Comment

 
close