Tuesday, November 10, 2015

Mengapa Dipakai Bermacam-Macam Metode Mengajar






A.Menambah Pengalaman
Metode mengajar tertentu menuntut aktivitas tertentu misalnya Metode Ceramah terutama menuntut aktivitas tertentu misalnya Metode Ceramah terutama menuntut aktivitas rohani, Metode Latihan menuntut aktivitas jasmani, Metode Per- kunjungan Studi menuntut aktivitas rohani dan jasmani. Gradasi dari aktivitas-aktivitas yang dituntut oleh metode tertentu ada kalanya berbeda dengan gradasi dari aktivitas yang dituntut oleh metode lain, misalnya Metode Diskusi menuntut aktivitas rohaniah yang jauh lebih banyak daripada aktivitas rokhaniah yang dituntut oleh Metode Meniru atau Metode Tanya Jawab.

Selain dari yang disebutkan di atas, apabila pelajar diberi pelajaran dengan Metode Ceramah, Tanya Jawab atau Metode Latihan, maka pengalaman pelajar akan jauh lebih baik (dan lebih memberi kesan) apabila mereka juga diajar dengan metode-metode yang menurut aktivitas dan tempat (diluar sekolah) yang lain misalnya Metode Perkunjungan Studi, Metode Proyek, Metode Unit dan sebagainya.

B.Mencegah Serta Mengurangi Kelelahan dan Kebosanan
Apabila guru hanya menggunakan metode tertentu saja, kemungkinan timbulnya kelelahan dan kebosanan (baik guru maupun pelajar) lebih besar dari pada penggunaan metode yang bermacam-macam. Hal ini ternyata apabila guru mengajar dengan  Metode  Dikte  (yang  menuntut  aktivitas  jasmani dan pemusatan pikiran), Sekalipun baru 15 menit pelajaran ber- langsung para pelajar kelihatan lelah. Akibat dari kelelahan ini maka pemusatan perhatian dan pikiran pelajar akan berkurang (ternyata dari adanya beberapa pelajar yang minta supaya guru mengulangi mengucapkan kalimat-kalimat yang harus disalin dengan sedikit lambat). Dalam situasi yang demikian, guru hendaknya mengganti metode mengajarnya misalnya dengan Mestode Ceramah, Metode Tanya Jawab atau metode Lainnya.

C.Membangkitkan Minat Serta Perhatian
Dalam praktek pendidikan dan pengajaran guru sering menghadapi para pelajar yang tidak/kurang berminat terhadap bahan pelajaran. Akibatnya perhatian pelajar juga tidak/kurang terhadap bahan pelajaran. Apabila para pelajar tidak/kurang berminat dan tidak memperhatikan tesrhadap bahan pelajaran yang sedang disajikan, maka guru hendaknya menerangkan tentang manfaat dari bahan tersebut (yang mana ini akan menimbulkan motif). Metode yang efektif untuk menerangkan manfaat bahan pelajaran (yang akan/telah disajikan) ialah Metode Ceramah.

D.Membina Kerja Sama
Kerja sama antar pelajar, kerja sama antar pelajar dengan guru mutlak dipergunakan dalam dunia pendidikan dan penga- jaran. Metode yang baik untuk memupuk dan memper- kembangkan kerja sama bukanlah Metode Tanya Jawab dan atau Metode Ceramah tetapi Metode Diskusi, Metode Prileksi, Metode Unit dan Metode Perkunjungan Studi.

E.Meningkatkan Mutu Pendidikan dan Pengajaran
Apabila guru hanya menggunakan metode-metode tradisi- onal saja, maka mutu pendidikan dan pengajaran akan tetap  (jadi tidak meningkat), tetapi apabila guru memakai metode- metode tradisional dan metode-metode modern maka mutu pendidikan menuntut aktivitas jasmani dan rohani ini akan menghasilkan pribadi-pribadi yang harmonis.


0 komentar:

Post a Comment

 
close