Monday, November 9, 2015

Peran Media dalam Pembelajaran Ekonomi - Pada suatu proses pembelajaran, sebuah media mempunyai fungsi yang cukup vital dikarenakan media mempunyai fungsi sebagai pembawa pesan atau informasi dari guru (sumber) menuju kepada siswa (penerima). Proses penyampaian pesan melalui media menggunakan sebuah metode. Metode merupakan suatu prosedur yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran untuk membantu siswa agar dapat menerima dan mengolah pesan atau informasi yang bertujuan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. 

Belajar tidak selamanya bersentuhan dengan hal - hal yang konkrit, baik dalam konsep maupun faktanya. Bahkan dalam kenyataannya belajar seringkali bersentuhan dengan hal-hal yang bersifat kompleks, maya dan berada di balik realitasnya. Karena itu media memiliki andil untuk menjelaskan hal - hal yang abstrak dan menunjukan hal – hal yang tersembunyi. Ketidakjelasan atau kerumitan bahan ajar dapat dibantu dengan menghadirkan media sebagai perantara. Bahkan dalam hal - hal tertentu media dapat mewakili kekurangan guru dalam mengkomunikasikan materi pelajaran. Namun perlu diingat bahwa peranan media tidak akan terlihat apabila penggunaanya tidak sejalan dengan esensi tujuan pengajaran yang telah dirumuskan. Karena itu tujuan pembelajaran harus dijadikan sebagai pangkal acuan untuk menggunakan media. Manakala diabaikan maka media bukan lagi sebagai alat bantu pengajaran tetapi sebagai penghambat dalam pencapaian tujuan secara efektif dan efisien.

Sebagai pentingnya peran media dalam pengajaran, namun tetap tidak bisa menggeser peran guru, karena media hanya berupa alat bantu yang memfasilitasi guru dalam pembelajaran. Guru tidak dibenarkan menghindar dari kewajibannya sebagai pengajar dan pendidik untuk tampil di hadapan anak didik dengan seluruh kepribadiannya. 

Secara umum manfaat media pembelajaran adalah memperlancar interaksi antara tenaga pendidik dengan peserta didik sehingga kegiatan pembelajaran lebih efektif dan efisien. Sedangkan secara lebih khusus manfaat media pembelajaran adalah: 

1.Penyampaian materi pembelajaran dapat diseragamkan
Dengan bantuan media pembelajaran, penafsiran yang berbeda antar tenaga pendidik dapat dihindari dan dapat mengurangi terjadinya kesenjangan informasi diantara peserta didik dimanapun berada.
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas : X-SMA
Kompetensi Dasar : Menggeneralisasi pelaku ekonomi dan interaksinya
Materi pokok : Perilaku konsumen dan perilaku produsen

Implementasi: 
Dalam sebuah kelas, seorang guru akan mengajarkan tentang pengelompokkan perilaku konsumen dan produsen, melalui media yang telah dibuat dengan landasan teori yang telah berlaku sesuai materi ajar yang telah disepakati dalam kurikulum yang berlaku, maka guru dapat memberikan materi dengan bentuk powerpiont, buku pokok, dan beberapa bahan ajar pendukung lainnya. Sehingga penafsiran antara penerimaan informasi dikalangan peserta didik tidak berbeda.

2.Proses pembelajaran menjadi lebih jelas dan menarik
Media dapat menampilkan informasi melalui suara, gambar, gerakan dan warna, baik secara alami maupun manipulasi, sehingga membantu tenaga pendidik untuk menciptakan suasana belajar menjadi lebih hidup, tidak monoton dan tidak membosankan.
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas : X-SMA
Kompetensi Dasar : Menentukan cara – cara pengembangan koperasi sekolah
Materi Pokok : Pengelolaan koperasi sekolah

Implementasi:
Dalam hal ini guru dapat memberikan materi dengan menerapkan indikator bagi siswa untuk menggali informasi, komunikasi dan menghubungkan variabel dan mengambil keputusan mengenai cara-cara pengelolaan koperasi sekolah. Guru dapat menjelaskan materi menggunakan powerpoint yang kemudian diselipkan video mengenai pengelolaan koperasi sekolah yang dijalankan dengan baik, hal ini akan lebih dapat mudah diterima oleh peserta didik dengan beberapa komponen materi ajar di dalam powerpoint dan isi video yang tertera. Model pengajaran yang seperti ini dapat diharapkan lebih mengena dalam memori ingatan peserta didik untuk menerima materi yang akan disampaikan dan dapat menghilangkan rasa bosan pada diri siswa pada saat proses belajar mengajar berlangsung. 

3.Efisiensi dalam waktu dan tenaga
Dengan media tujuan belajar akan lebih mudah tercapai secara maksimal dengan waktu dan tenaga seminimal mungkin. Tenaga pendidik tidak harus menjelaskan materi ajar secara berulang-ulang, sebab dengan sekali sajian menggunakan media, peserta didik akan lebih mudah memahami pelajaran.
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas : X-SMA
Kompetensi Dasar : Permintaan dan Penawaran
Materi Pokok : Kurva permintaan dan penawaran

Implementasi:
Pada suatu kelas peserta didik perlu mendapat kesempatan dari seorang guru untuk dapat menyampaikan materi melalui metode penyampaian presentasi dan video mengenai kurva permintaan (demand) dan penawaran (supply) dalam bentuk kelompok. Melalui hal ini kegiatan pembelajaran tidak hanya fleksibel dalam hal waktu dan tidak hanya guru saja yang harus menyampaikan materi, namun dengan adanya media ini peserta didik diharapkan dapat menjelaskan materi dengan baik. Kegiatan seperti ini selain akan lebih mudah dalam menerima dan memahami pelajaran siswa juga dapat dilatih masalah mental dan softskillnya pada saat berbicara di depan kelas.

4.Proses pembelajaran menjadi lebih interaktif
Dengan media akan terjadinya komukasi dua arah secara aktif, sedangkan tanpa media tenaga pendidik cenderung bicara satu arah. 
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas : XI-SMK
Kompetensi Dasar : Mendiskripsikan peranan uang dalam masyarakat
Materi Pokok : Jumlah uang yang beredar dimasyarakat

Implementasi: 
Sebuah kelas yang bersifat heterogen, pada saat mata pelajaran ekonomi terdapat 5 orang siswa yang tidak sanggup memecahkan persoalan mengenai beberapa permasalahan yang terjadi pada masyarakat dalam mengatasi inflasi yang berlebihan. Maka guru dapat membagi para peserta didik menjadi beberapa kelompok, dengan tugas lanjutan seperti presentasi untuk menyampaikan hasil diskusi yang telah dilakukan. Hal ini akan memacu daya kreativitas siswa untuk berpikir lebih jauh dan berinteraksi secara langsung, baik dengan siswa kepada siswa maupun guru dengan siswa sehingga dapat memecahkan masalah yang terjadi di masyarakat kemudian dari diskusi tersebut dapat disimpulkan inti dari materi yang didiskusikan.

5.Media memungkinkan proses belajar dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja
Media pembelajaran dapat dirangsang sedemikian rupa sehingga peserta didik dapat melakukan kegiatan belajar dengan lebih leluasa dimanapun dan kapanpun tanpa tergantung dengan guru saja. Perlu kita sadari waktu belajar di sekolah sangat terbatas dan waktu terbanyak justru di luar lingkungan sekolah. Belajar dapat dilakukan di dalam maupun di luar kelas, karena belum tentu belajar di kelas lebih efektif daripada belajar di luar kelas. 
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas : XI IPS 2
Materi Pokok : Sistem Perdagangan Internasional

Implementasi:
Guru menyampaikan materi mengenai bagaimana sistem perdagangan internasional. Karena materi yang di sampaikan sangatlah banyak dan cukup susah untuk dipahami jika dijelaskan tentang teorinya saja, maka guru tidak hanya menyampaikan teori di kelas, namun guru juga dapat memberikan beberapa wawasan dari beberapa media dan memberikan contoh yang ada di lingkungan sekitar yang dapat memberikan suatu pelajaran. Guru juga dapat menayangkan bagaimana proses perdagangan Internasional yang terjadi di Indonesia dengan pihak luar negeri, bisa melalui video yang di unduh dari internet.

6.Mengubah peran tenaga pendidik ke arah yang lebih positif dan produktif 
Guru dan media bisa menghasilkan hubungan timbal balik saling menguntungkan, guru memanfaatkan media sehingga guru banyak memiliki waktu untuk memberi perhatian pada aspek-aspek edukatif lainnya, seperti membantu kesulitan belajar peserta didik, pembentukan kepribadian, motivasi belajar, dan lain-lain
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas : XI IPS 2
Materi Pokok : Fungsi-fungsi Bank

Implementasi:
Guru menayangkan video mengenai kegiatan bank, lalu guru memberikan tugas kepada siswanya untuk menganalisis apa saja fungsi bank dalam perekonomian Indonesia. Selagi siswa mengerjakan tugas yang diberikan, guru bisa memiliki waktu luang untuk mengoreksi hasil ujian siswa untuk menilai apakah pembelajaran yang selama ini dilaksanakan telah mencapai target.

7.Meningkatkan kualitas hasil belajar peserta didik
Media pembelajaran dapat membantu peserta didik menyerap materi belajar lebih mandalam dan utuh.Bila dengan mendengar informasi verbal dari tenaga pendidik saja, peserta didik kurang memahami pelajaran, tetapi jika diperkaya dengan kegiatan melihat, menyentuh, merasakan dan mengalami sendiri melalui media pemahaman peserta didik jauh lebih baik.
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas : XI IPS 2
Kompetensi Dasar : Macam-macam Uang
Materi Pokok : Penerapan hukum bisnis pada sebuah bahdan usaha

Implementasi:
Guru dapat membagi kelompok dalam kelas. Kelompok yang telah dibentuk, masing-masing mendapatkan tugas untuk menganalisis setiap jenis uang yang telah dijelaskan oleh guru. Kelompok 1: melakukan analisa pada jenis uang kartal, kelompok 2: melakukan analisa pada jenis uang giral, dan seterusnya. Hal ini dilakukan untuk menyerap informasi secara langsung dengan cara mengetahui berbagai jenis uang secara langsung dan dapat menganalisa dengan proses belajar dan menggali informasi secara langsung. 

8.Pembelajaran akan lebih menarik perhatian siswa sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar
Media pembelajaran juga mempunyai peranan dalam menarik perhatian siswa kepada penyampaian materi yang dilakukan oleh guru. Dalam ketertarikan siswa terhadap pembelajaran yang berlangsung, maka dapat menumbuhkan motivasi dalam diri siswa untuk belajar lebih giat lagi.
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas : X-A
Materi Pokok : Konsumsi, Tabungan dan Investasi

Implementasi:
Pada penyampaian materi mengenai konsumsi, tabungan dan investasi, guru menggunakan media pembelajaran yang menarik yaitu sebuah contoh kasus adanya keuntungan dari adanya kegiatan menabung dan investasi. Karena penyampaian materi yang dianggap siswa sangat menarik, maka siswa menjadi lebih termotivasi untuk lebih bersungguh-sungguh dalam mendalami materi tersebut.

9.Memudahkan siswa dalam memahami materi
Dengan adanya media pembelajaran, maka siswa tidak hanya belajar dengan terpaku pada teori saja, tetapi dengan media pembelajaran siswa dapat dengan mudah memahami materi.
Pelajaran         : Ekonomi
Kelas : XII IPS 3
Materi Pokok : Akuntansi Keuangan

Implementasi:
Ketika guru menjelaskan materi mengenai akuntansi keuangan, guru memanfaatkan media pembelajaran berupa proyektor dan LCD untuk lebih memudahkan siswa mengetahui langkah-langkah untuk membuat laporan keuangan sebuah perusahaan. Dengan adanya media pembelajaran tersebut, maka siswa lebih mudah untuk memahami bagaimana cara membuat laporan keuangan yang baik dan benar.

Media belajar yang baik adalah yang mempunyai peranan dan manfaat dalam penggunaannya, menurut Susilana (2007: 9) secara umum media memiliki peranan sebagai berikut:

1.Memperjelas pesan agar tidak terlalu verbalistis.

2.Mengatasi keterbatasan ruang, waktu, tenaga dan daya indera.

3.Menimbulkan gairah belajar, interaksi lebih langsung antara murid dengan sumber belajar.

4.Memungkinkan anak belajar mandiri sesuai dengan bakat dan kemampuan visual auditory dan kinestetiknya.

5.Memberi rangsangan yang sama, mempersamakan pengalaman dan menimbulkan persepsi yang sama. 

0 komentar:

Post a Comment

 
close