Friday, November 6, 2015

Penentuan Layout Pabrik dan Bangunan - Layout pabrik merupakan keseluruhan bentuk dan penempatan fasilitas-ffisilitas yang diperlukan dalam proses produksi. Penentuan layout pabrik pada umumnya dilakukun ketika lokasi bisnis (pabrik) ditentukan dengan berbagai pertimbangan. Layout yang baik memiliki berbagai kriteria, yaitu

Penentuan Layout Pabrik dan Bangunan
1) meminimalkan jarak angkut antarbagian,
2) aliran material yung baik,
3) efektif dalam penggunaan ruang,
4) luwes atau indah,
5) memberikan kcsclamalan atas barang-barang yang diangkut,
6) memungkinkan adanya perluasan bisnis,
7) mentinimalkan biaya produksi, dan
8) memberikan jaminan keamanan yang cukup bagi keselamatan tenaga kerja. Secara umum terdapat tiga macam tipe layout, yaitu:
   
    a. Layout proses atau fungsional Pado layout .proses mesin-mesin dan peralatan yang mempunyai fungsi yang sama dikelompokkan dan ditempatkan dalam satu tempat atau ruang tertentu. Layout ini cocok bagi perusahaan yang berproduksi untuk pesanan di mana banyak pesanan yang berbeda, baik dalam bentuk, kualitas, maupun jumlahnya.
    b. Layout produk atau garis Pada loyout produk mesin-mesin dan peralatan disusun berdasarkan urutan operasi yang diperlukan untuk produk yang akan dibuat. Layout ini cocok digunakan bagi perusahaan yang berproduksi secara terus-menerus dalam jumlah yang besar.
  
   c. Layout kelompok. Pada /ayout kelompok mesin-mesin dan peralatan yang memuat serangkaian komponen yang sama dikelompokkan pada suatu tempat. Layout ini merupakan kombinasi antara hryour produk dan layout proses.

0 komentar:

Post a Comment

 
close