Saturday, October 17, 2015

Strategi Proses - 1. Perbedaan Operasi Bisnis Pada Zaman Sekarang Dengan Masa Lalu
Operasi bisnis pada zaman sekarang jauh berbeda dengan operasi bisnis pada waktu-waktu yang lalu. Kondisi bisnis banyak berubah sehingga tantangan manajemen operasi juga banyak berubah. Beberapa perubahan tantangan manajemen operasi antara lain sebagai berikut. 

 Pada masa dahulu kebanyakan bisnis berorientasi untuk melayani masyarakat lokal,atau bisnis dalam skala yang lebih besar melayani secara nasional. Pada waktu itu masih sangat jarang bisnis yang berorientasi pasar global.sekarang ini fokus bisnis terarah kepada bisnis global. Alasan bisnis dan pengoperasian bisnis sekarang berfokus pada bisnis global adalah sebagai berikut:
     1.Adanya pengurangan biaya (misalnya biaya bahan,biaya tenaga kerja,dan lain sebagainya)
      2.Adanya peningkatan rantai pasokan, yang semula lokal atau nasional menjadi rantai pasokan global.
     3.Fokus global memungkinkan untuk memperoleh produk yang lebih baik karena terdapat alternatif pilihan yang lebih layak.
    4.Dengan beroperasi global,pelaku bisnis berkesempatan untuk mendaptkan pasar (potensial) baru sehingga pemasaran menjadi lebih luas.
    5.Dengan berorientasi global, pengoperasian bisnis juga menjadi global sehingga sangat dimungkinkan adanya peningkatan operasional bisnis.
    6.Dengan fokus global tentu saja pelaku sangat berkesempatan untuk menjawab tantangan global sehingga lebih tertantang lagi untuk melakukan berbagai upaya peningkatan bisnis.
Berhubung dengan perubahan material ataupun logistik yang lain,pada umunya pengoperasian bisnis pada waktu yang lalu selalu memilih pembelian yang paling murah. Setiap kali akan mengadakan pembelian setiap kali pula membuka penawaran kepada pemasok untuk mengikuti tender. Hubungan antara perusahaan dan pemasok bersifat jangka pendek dan selalu berakhir setiap kali pengiriman bahan seseuai kesepatan bersama selesai. Dengan hubungan yang bersifat jangka pendek antara perusahaan dan pemasok akan mengakibatkan proses pemilihan pemasok menjadi panjang setiap akan melakukan pembelian.
Perusahaan pada masa sekarang ini lebih menekankan kepada partner rantai pasokan. hubungan antara perusahaan dan partner rantai pasokan bersifat jangka panjang, tidak ada pemilihan pemasok setiap perusahaan memerlukan bahan. kontrak pasikan dibuat untuk jangka waktu tertentu dan pengiriman akan dilakukan setiap saat perusahaan memerlukannya. dengan demikian perusahaan tidak memerlukan gudang yang besar untuk menampung bahan yang akan digunakan sebagai input dalam proses konversi.
Dahulu pengembangan produk dilakukan pada waktu yang cukup lama, sekarang tidak lagi demikian. bagian penelitian dan pengembangan produk untu perusahaan sekarang sangat aktif dan dalam waktu cepat telah menghasilkan berbagai produk baru, baik produk yang benar-benar baru maupun pengembangan dari prosuk lama.

2. Strategi-Strategi Yang Dapat Dipilih Untuk Memperjelas Arah Proses
Dalam melaksanakan proses konversi perusahaan-perusahaan pada waktu yang lebih menekankan kepada spesialisasi pekerjaan. Sekarang spesialisasi tidak lagi menghasilkan sekat-sekat yang saling terpisah, namun dibuat menjadi sebuah tim kerja yang handal.kerja tim ini akan dapat menghasilkan sinergi yang sangat berguna bagi perusahaan. Agar proses konversi optimal, diperlukan strategi oerasi yang benar. Adapun strategi yang dapat dipilih oleh manajer operasi, yaitu sebagai berikut :
    1.Inovasi Teknologi
Strategi inovasi teknologi adalah perusahaan selalu berusaha untuk menemukan teknologi baru bagi produk-produknya. Perusahaan selalu berupaya menemukan teknologi baru untuk mengembangkan produknya.produk perusahaan dengan strategi ini selalu ditandai dengan penggunaan teknologi terbary yang belum ada sebelumnya. Demikian cepatnya perkembangan teknologi bagi perusahaan ini sehingga dalam jangka waktu yang relatif pendek produk dengan teknologi baru selalu dihadirkan oleh perusahaan. Produk perusahaan dengan strategi ini pada umumnya jarang dipalsukan.hal ini terjadi karena masyarakat konsumen tahu benar bahwa umur produk-produk semacam ini tidak lama. Dimaksud umur yang pendek adalah bahwa produk semacam ini pasti sudah tidak diproduksi lagi oleh perusahaan dalam waktu yang relatif pendek.
    2.Eksploitasi Teknologi
Eksploitasi Teknologi hampir sama dengan strategi inovasi teknologi.perusahaan yang menggunakan strategi ini juga selalu berupaya menemukan teknologi baru pada produk-produk yang dihasilkan. Perbedaan utama antara strategi inovasi teknologi dan eksploitasi teknologi adalah perlakuan terhadap produk lama. Perusahaan yang yang menggunakan strategi inovasi teknologi selalu memproduksi produk dengan teknologi terbaru dan produk yang sudah digantikan model atau teknologinya tidak diproduksi lagi. Sedangkan strategi eksploitasi teknologi, meskipun produk dengan teknologi terbaru telah dipasarkan, produk yang lama masih tetap diproduksi.
    3.Layanan Teknologi
Perusahaan dengan strategi layanan teknologi akan selalu menggunakan teknologi terbaru untuk memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada para konsumen. Pada umumnya perusahaan ini bergerak pada bidang jasa. Guna memberikan pelayanan yang terbaik perusahaan ini melengkapi peralatan produksinya dengan teknologi terbaru sehingga lebih aman dan nyaman bai para konsumen.
    4.Kostumisasi Massa
Melalui strategi kostumisasi massa perusahaan akan memproduksi produk yang beraneka ragam sesuai dengan selera pelanggan namun dalam jumlah yang besar. Hasil produksi perusahaan akan dibuat mendekati selera konsumen yang berbeda-beda,namun karena dukungan permintaan yang cukup kuat, produksi masing-masing ragam produk akan dibuat dalam jumlah besar. Sehingga walaupun produk dibuat berbeda-beda,jumlah masing-masing produk masih berada di dalam skala ekonomi bagi perusahaan tersebut.
    5.Modularisasi
Modul adalah bagian atau sekelompok tertentu yang akan menjadi komponen produk.walaupun produknya berbeda, adakala kemungkinan bahwa salah satu atau beberapa bagian produk adalah sama.
    6.Ekonomi
Perusahaan yang menggunakan strategi ekonomi pada umumnya adalah perusahaan yang memproduksi produk dengan varian kecil dan dalam jumlah banyak. Titik berat strategi ini adalah bagaimana perusahaan dapat melakukan proses konversi dengan biaya per unit serendah-rendahnya.
Daftar Pustaka :
Achyari, Agus. 2010 . Manajemen Operasi . Jakarta : Universitas Terbuka

0 komentar:

Post a Comment

 
close