Monday, October 5, 2015

Bentuk-bentuk Promosi Penjualan

1.   
Nama Produk             : Futami  485ml
Bentuk promosi          : Beli 2 Lebih Hemat
Periode                 : 30 September – 13 Oktober 2015

Analisis :
   Analisis Bentuk Promosi Penjualan - Bentuk promosi ini menurut saya adalah bentuk promosi untuk lebih membuat konsumen merasa bahwa mereka mendapatkan harga yang lebih murah jika membeli produk lebih dari satu dibandingkan dengan hanya membeli satu buah. Dalam hal ini, produk Futami 485ml ditentukan dengan harga normal satuan Rp 5.200 , namun promosi yang diberikan adalah beli dua lebih hemat, dengan harga per satu botol hanya Rp 3.900 jadi konsumen bisa menghemat Rp 1.300 per botol setiap pembelian dua buah botol Futami 485ml. Tujuan dari bentuk promosi ini adalah untuk lebih memperkenalkan produk kepada masyarakat, karena produk ini terhitung produk yang masih baru dipasaran. Dari bentuk promosi seperti ini maka menurut saya sangat efektif untuk memperkenalkan produk lebih luas. Dengan adanya produk baru dan dengan bentuk promosi seperti ini maka masyarakat cenderung terlebih dahulu ingin mencoba bagaimana sih produk ini, jika setelah dicoba menghasilkan produk yang dapat memuaskan pembeli, maka produk  akan selalu dicari oleh para konsumen.

2.   
Nama Produk            : Sariwangi teh celup isi 25 pcs
Bentuk promosi          : Beli 2 Gratis 1 Tea Countainer
Periode                 : Selama persediaan masih ada

Analisis :
    Promosi dalam produk Sariwangi teh celup adalah bentuk promosi dengan menggunakan bonus. Jika membeli dua buah Sariwangi 25pcs akan mendapatkan bonus satu buah cangkir dari sariwangi. Bentuk promosi ini bersifat terbatas akan persediaan dari bonus tersebut. Tujuan dari bentuk promosi ini adalah menarik perhatian pelanggan untuk membeli produk, yang biasanya produk dijual tanpa adanya bonus cangkir, namun saat sekarang ini membeli dua buah Sariwangi akan mendapatkan satu buah cangkir. Melihat keefektivan dari bentuk promosi ini menurut saya pribadi adalah kurang menarik perhatian konsumen. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan tidak semua konsumen benar-benar membutuhkan cangkir tersebut, karena konsumen bisa berpikiran jika cangkir dirumah masih banyak ataupun bonus cangkir adalah bonus yang biasa saja. Jika diberikan pilihan, adanya potongan harga atau adanya bonus dari setiap pembelian suatu produk, bagi saya sebagai konsumen akan memilih bentuk promosi dengan potongan harga.

3.   
Nama Produk           : Sanken
Bentuk promosi       : Diskon up to 70%
Periode              : 1 Oktober s/d 30 November 2015

Analisis :
    Bentuk promosi yang diberikan kepada para konsumen produk Sanken sangat menarik, karena diskon yang diberikan tidak sedikit, yaitu sampai 70%. Diskon diberikan dalam rangka anniversary Sanken. Kebanyakan orang lebih tertarik dengan diskon besar-besaran, meskipun konsumen tidak tahu bahwa bisa saja harga dari produk tersebut telah di naikkan terlebih dahulu.  Tujuan dari pemberian diskon ini dalam rangka sebagai salah satu bentuk ucapan terimakasih perusahaan kepada konsumen setia Sanken yang selama ini telah setia membeli produk-produk Sanken. Selain itu, bentuk promosi ini juga bermaksud untuk lebih dekat dengan konsumen, dengan kata lain mempererat hubungan dengan konsumen agar konsumen tetap setia memilih produk-produk dari Sanken. Apakah bentuk promosi ini efektif untuk menarik perhatian konsumen? Menurut saya sangat menarik. Tidak bisa dipungkiri bahwa kita sebagai konsumen lebih memilih barang dengan bertuliskan diskon daripada barang dengan harga biasanya, terutama bagi konsumen perempuan yang biasanyatidak menyia-nyiakan kesempatan untuk mendapatkan suatu produk dengan diskon besar.

4.   
Nama Produk          : Goodday 250ml
Bentuk promosi       : Beli 3 (goodday green tea Lattecino) gratis 1 (goodday avocado delight/ Mocacino)
Periode              : 30 September – 13 Oktober 2015

Analisis :
    Bentuk promosi ini menurut saya adalah untuk memperkenalkan produk goodday varian baru yaitu avocado delight. Dalam hal ini, produk goodday 250 ml ditentukan dengan harga normal satuan Rp 5.500, namun promosi yang diberikan adalah beli tiga gratis satu varian berbeda (avocado delight), namun dengan meningkatkan harga jual menjadi Rp. 6.200,- per botol. Tujuan dari bentuk promosi ini adalah untuk lebih memperkenalkan produk kepada masyarakat, karena produk ini terhitung produk yang masih baru dipasaran. Dari bentuk promosi seperti ini maka menurut saya sangat efektif untuk memperkenalkan produk lebih luas dan meningkatkan penjualannya. Dengan adanya produk baru dan dengan bentuk promosi seperti ini maka masyarakat cenderung terlebih dahulu ingin mencoba bagaimana produk ini, jika setelah dicoba menghasilkan produk yang dapat memuaskan pembeli, maka produk  akan selalu dicari oleh para konsumen.

5.    
Nama Produk         : Bakmi Mewah rasa ayam
Bentuk promosi      : Potongan Harga
Periode                  : 30 September s/d 13 Oktober 2015

Analisis :
    Menurut saya bentuk promosi menggunakan metode potongan harga yaitu dengan pembelian tiga bungkus bakmi mewah rasa ayam yang harga awalnya adalah Rp 7.300,- menjadi Rp 6.667 per bungkus jika melakukan pembelian minimal 3 bungkus dengan harga Rp 20.000,- berlaku kelipatannya.  Tujuan dari bentuk promosi ini adalah untuk untuk meningkatkan jumlah penjualan bakmi mewah rasa ayam. Dari bentuk promosi seperti ini maka menurut kami sangat efektif untuk menarik perhatian konsumen, karena mereka akan mendapatkan harga lebih murah Rp 1.900,- dari pada harga normal satuan.

6.   
Nama produk            : Zee Milk All Varians TP 200ml
Bentuk promosi         : Beli 2 gratis 1 (Paket Harga)
Periode                 : 30 September-13 Oktober 2015

Analisis :
    Menurut kelompok kami bentuk promosi ini menggunakan metode Paket Harga. Produk yang ditawarkan yaitu Zee Milk All Varians TP 200ml dengan harga satuannya semula Rp 5.500/pcs menjadi Rp 3.600/pcs.
Tujuan promosi ini meningkatkan penjualan jangka pendek, karena hal ini akan lebih efektif menarik penjualan dari konsumen dibandingkan penggunaan kupon potongan harga. Selain itu menurut kami, promosi digunakan untuk mempercepat perpindahan barang (fast moving) dari penjual ke konsumen karena mengingat barang ini sifatnya mudah rusak dalam hal kemasan dan akan berbahaya apabila produk tersebut sudah terlalu lama atau mendekati tanggal kadaluwarsa.

7.   
Nama produk            : Milo UHT T/P 115ml
Bentuk promosi         : Beli 4 Rp 10.000
Periode                 : 30 September-13 Oktober 2015

Analisis :
    Menurut kelompok kami bentuk promosi ini menggunakan metode promosi paket harga dalam bentuk paket pengurangan harga (reduce price pack), dengan harga semula Rp 2.700/pcs menjadi Rp 2.500/pcs.
Tujuan promosi ini meningkatkan penjualan jangka pendek, karena hal ini akan lebih efektif menarik penjualan dari konsumen dibandingkan penggunaan kupon potongan harga. Selain itu menurut kami, promosi digunakan untuk mempercepat perpindahan barang (fast moving) dari penjual ke konsumen karena mengingat barang ini sifatnya mudah rusak dalam hal kemasan dan akan berbahaya apabila produk tersebut sudah terlalu lama atau mendekati tanggal kadaluwarsa.

8.   
Nama produk            : Teh Kotak Jasmine 200ml
Bentuk promosi         : Gratis 1 Nissin Cusher 20gr setiap pembelian 2 Teh Kotak Jasmine 200ml
Periode                 : 30 September-13 Oktober 2015

Analisis :
    Menurut kelompok kami bentuk promosi ini menggunakan metode promosi gabungan (tie-in promotion) yaitu setiap pembelian 2 Teh Kotak Jasmine 200ml gratis 1 Nissin Cusher. Dimana metode promosi ini melibatkan kerjasama antara 2 perusahaan yaitu Nissin dan Ultra Jaya untuk meningkatkan daya tarik pelanggan.
Tujuan:
    Menurut kami promosi ini efektif, selain untuk menarik perhatian daya beli konsumen juga untuk meningkatkan penjualan. Karena pelanggan merasa diuntungkan dengan mendapat gratis sebuah produk baru yaitu Nissin Crusher 20gr. Selain itu promosi ini dapat dimanfaatkan untuk memperkenalkan produk baru dari Nissin.

9.   
Nama produk            : Nry Oat Chocholate Original
Bentuk promosi         : Beli  2 gratis 1 (Paket Ikatan/ Banded)
Periode                 : 30 September-13 Oktober 2015

Analisis :
    Menurut kelompok kami bentuk promosi ini menawarkan konsumen penghematan harga dari pada biasanya. Dengan modal paket ikatan (Banded pack) pelanggan akan mendapatkan tiga bungkus Nry Oat Chocolate Original dengan harga dua bungkus.
Tujuan   :
    Menurut kami promosi ini efektif karena dapat meningkatkan penjualan jangka pendek serta menjadi sarana untuk memperkenalkan produk tersebut kepada masyarakat, dengan harapan dapat menarik dan meningkatkan kesetiaan pelanggan terhadap merk Nry Oat.

10. 
Nama produk            : semua produk di Carrefour termasuk barang elektronik dan barang promosi.
Periode promosi        : hari ini dan seterusnya
Bentuk promosi         : diskon 10% dengan menggunakan kartu kredit bank mega (promosi gabungan).

Analisis:
    Menurut kami, promosi ini menggunakan promosi gabungan, karena melibatkan dua perusahaan yaitu Carrefour dan Bank Mega.
Tujuan    :
    Bentuk promosi gabungan ini yaitu untuk memperkenalkan Bank Mega kepada masyarakat luas, sekaligus untuk meningkatkan penjualan di Carrefour. Menurut kelompok kami, metode promosi dengan cara promosi gabungan ini sangat efektif bagi pihak Bank Mega untuk memperkenalkan dirinya sebagai bank swasta baru/belum terlalu dikenal masyarakat sekaligus mendapatkan keuntungan lebih dari penggunaan kartu kredit oleh nasabah. Selain itu, promosi ini juga efektif bagi pihak Carrefour karena dengan adanya diskon 10% tersebut akan meningkatkan minat masyarakat untuk berbelanja di Carrefour. Namun , kelemahan dari promosi ini adalah karena syarat diskon harus menggunakan bank mega, maka nantinya konsumen yang tertarik hanya yang menggunakan Bank Mega saja (sebagian kecil pembeli), sedangkan masyarakat lain yang tidak menggunakan kartu kredit Bank Mega tidak akan tertarik dengan promo tersebut.

11.   
Nama produk            : Fanta Strawberry 1,5 liter
Periode Promosi        : 23-30 September 2015
Bentuk promosi         : Beli 2 gratis 1 + Pulpy Fruite Bite 180 ml (khusus banded)

Analisis:
    Menurut kelompok kami, bentuk promosi yang digunakan adalah promosi paket harga/paket ikatan (banded pack) karena menggunakan 2 produk yang berhubungan digabungkan bersama, yaitu Fanta Strawberry dan Pulpy Fruite Bite.
Tujuan    :
    Bentuk promosi paket harga/paket ikatan (banded pack) ini bertujuan untuk memperkenalkan produk baru dari Coca-Cola yaitu Pulpy Fruite Bite kepada konsumen. Selain itu, promosi ini juga bertujuan untuk meningkatkan penjualan dari produk Fanta. Promosi ini sangat efektif karena roduk Fanta notabene telah lebih dahulu dikenal di kalangan masyarakat. Dengan demikian, diharapkan produk Pulpy Fruite Bite ini nantinya juga akan dikenal luas di masyarakat seperti halnya produk Fanta.

12.   
Nama produk          : Ech Avengers Double Wall Tumbler 460 ml
Periode promosi      : selama persediaan masih ada
Bentuk promosi       : diskon 50%’

Analisis:
    Menurut kelompok kami, bentuk promosi yang digunakna adalah potongan harga, karena adanya potongan harga di luar daftar harga pada periode tertentu, yaitu sebesar 50%.
Tujuan    :
    Promosi ini bertujuan untuk meningkatkan penjualan dari produk tersebut. Biasanya, karena barang tersebut merupakan barang lama sehingga perusahaan ingin segera menghabiskan stok di gudang.

13.  
Nama produk            : Nutrigold 3,4 700gr
Periode promosi        : 30-13 september 2015
Bentuk promosi         : Gratis Ponco Towel Setiap Pembelian 3 Dancow Nutrigold 3,4 700gr

Analisis:
    Menurut kelompok kami, bentuk promosi ini yaitu premi atau pemberian hadiah kecil yaitu berupa Ponco Towel setiap pembelian 3 Dancow Nutrigold 3,4 700gr.
Tujuan     :
    Promosi ini bertujuan untuk menarik minat konsumen dan meningkatkan penjualan dari produk ini. Menurut kami, promosi dengan premi atau hadiah kecil seperti ini kurang efektif, karena konsumen hanya akan tertarik pada hadiah yang diberikan saat itu saja. Kemudian, setelah periode promosi berakhir, maka penjualan berkurang. 

14.  
Nama produk            : Super Pell 800 ml all varian
Periode Promosi        : 30 September-13 Oktober 2015
Bentuk Promosi        : Tebus hemat Rinso 1000gr seharga Rp 10.900 dengan minimal beli 3 super pell 800 ml all varian seharga @Rp 10.000.

Analisis:
    Menurut kami, bentuk promosi pada produk ini adalah promosi silang, karena melibatkan penggunaan satu merek untuk mengiklankan merk lain yang tidak bersaing. Dalam hal ini produk yang digunakan yaitu Super pell dan deterjen Rinso yang sama-sama berasal dari Unilever.
Tujuan    :
    Promosi bentuk ini bertujuan untuk meningkatkan produk-produk dari Unilever.

15.     
Nama produk            : Sweety Pants L18 S
Periode promosi        : 30 September-13 Oktober 2015
Bentuk promosi         : Hadiah jalan-jalan ke Amerika.

Analisis:
    Menurut kelompok kami, bentuk promosi yang digunakan adalah Hadiah (undian) karena adanya tawaran untuk memenangkan paket perjalanan ke Amerika dengan cara membeli produk Sweety Pants L18 S seharga Rp 37.400 kemudian bergabung ke group Parent Academy.
Tujuan    :
    Promosi ini bertujuan untuk menarik perhatian konsumen, meningkatkan penjualan, dan memperkenalkan produk baru dari Sweety. Promosi seperti ini lebih efektif dalam memperoleh perhatian konsumen dibandingkan dengan cara kupon atau premi hadiah (kecil).
Newer Post
Previous
This is the last post.

0 komentar:

Post a Comment

 
close