Thursday, October 15, 2015




Jenis Operasional bisnis - 1.    Jenis-Jenis Bisnis Dari Sudut Pandang Operasional
Dari sudut pandang operasional, bisnis dapat dibagi menjadi dua kelompok besar, yaitu: bisnis yang menghasilkan barang (manufaktur), dan bisnis yang menghasilkan jasa (bisnis non manufaktur).

Perusahaan manufaktur dikelompokkan menjadi 3 macam, yaitu:
1. Perusahaan penghasil produk dalam satuan unit, adalah perusahaan yang jumlah hasil produksinya dapat dihitung dengan jari atau dalam satuan unit.
2. Perusahaan penghasil produk dalam kelompok unit, adalah perusahaan berproduksi dan menghasilkan produk dalam satuan kelompok.
3. Perusahaan penghasil produk secara massal atau besar-besaran, yaitu perusahaan yang berproduksi secara besar-besaran.

Perusahaan non manufaktur dikelompokkan menjadi 2 kelompok, yaitu:
1.         Perusahaan non manufaktur terkait barang, yaitu  perusahaan yang menghasilkan jasa, namun perusahaan ini tidak dapat berproduksi apabila tidak ada barang yang terkait dengan produksinya. Contoh distributor mie instan.
2.         Perusahaan non manufaktur tidak terkait barang, yaitu perusahaan yang menghasilkan jasa dimana dapat dilakukan tanpa keterikatan dengan barang. Contoh konsultan hukum.

2.    Jenis Operasional Bisnis Dari Sudut Pandang Proses Produksi
Dari sudut pandang pemicu dilaksanakannya proses produksi, terdapat dua kelompok yaitu prusahaan berproduksi untuk pasar, dan perusahaan berproduksi untuk pesanan.
1.         Perusahaan yang berproduksi untuk pasar, yaitu perusahaan yang berproduksi tanpa memperhatikan apakah ada pesanan atau tidak adanya pesanan. Hasil produksi akan dimasukkan dalam persediaan barang jadi dan akan dilempar ke pasar bebas.
2.         Perusahaan yang berproduksi untuk pesanan, yaitu perusahaan yang berproduksi atas dasar pesanan, jika tidak ada pesanan yang masuk walaupun perusahaan telah siap untuk berproduksi perusahaan ini tidak akan berproduksi. 

Daftar Pustaka :
Achyari, Agus. 2010 . Manajemen Operasi . Jakarta : Universitas Terbuka
 

0 komentar:

Post a Comment

 
close