Wednesday, October 28, 2015

Deflasi - Deflasi adalah Suatu keadaan dimana terdapat peristiwa penurunan harga barang umum secara terus menerus atau terjadi peningkatan nilai uang.

    Penyebab terjadinya Deflasi, disini dapat kami jabarkan sbb:
•Menurunnya persediaan uang di masyarakat
•Meningkatnya Persediaan Barang
•Menurunnya permintaan akan barang
•Naiknya permintaan akan uang

    Dampak terjadinya Deflasi diantaranya adalah Aktivitas ekonomi melambat karena persediaan uang yang ada pada konsumen terbatas, sehingga konsumen mengurangi belanja atau menunda belanja hingga harga benar benar turun jauh. Bila hal ini berlangsung lama maka tidak tertutup kemungkinan Deflasi ini berdampak terjadinya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) karyawan pada perusahaan penyedia barang yang mengalami deflasi tersebut, karena perusahaan tidak mampu membayar gaji karyawan sebab tidak ada barang yang laku atau minimnya barang yang mampu terjual.

    Cara Mengatasi Deflasi
Cara yang paling lazim digunakan adalah memberikan stimulus ekonomi berupa bantuan likuiditas ke sektor bisnis. Dengan demikian diharapkan kegiatan ekonomi kembali berputar. Pemerintah juga dapat memotong pajak dan meningkatkan belanjanya sendiri untuk menggairahkan perekonomian. Dari sisi Bank Sentral, pemerintah juga dapat meningkatkan peredaran uang di masyarakat dengan membeli surat hutang sektor swasta dan menukarkannya dengan uang tunai. Selain itu, juga dapat dilakukan dengan memotong suku bunga. Namun seperti dijelaskan di atas, memotong suku bunga bukanlah jalan keluar yang sesungguhnya tetapi hanya sekedar pengobatan sementara untuk menggairahkan ekonomi dan mengharapkan harga bergerak naik dengan sendirinya

0 komentar:

Post a Comment

 
close