Saturday, October 24, 2015


Pelaksanaan Tes tertulis - Dalam pelaksanaan tes tertulis ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:
a.Ruang tempat tes tenang
    Ruangan yang digunakan untuk tertulis dibuat setenang mungkin dan  bangku-bangku dalam ruangan tes disusun longgar sehingga peserta tes dapat melaksanakan tes secara wajar. Dan hendaknya di luar ruangan diberi papan pemberitahuan.
b.Ruangan tempat tes nyaman
    Ruangan yang digunakan cukup pencahayaan dan cukup pertukaran udara baik agar memudahkan testee (peserta tes) membaca soal. Ruagan yang remang-remang akan menyulitkan testee dalam mengerjakan soal dan tester kesulitan melaksanakan tugasnya.
c.Mengerjakan tes setelah tanda mulai
    Testee (Peserta tes) harus diperingatkan bahwa mereka tidak boleh mengerjakan tes sebelum ada tanda untuk mulai mengerjakan tes, dan dalam pembagian lembar soal harus dibalik agar tidak membaca isi tes terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan agar peserta tes dapat mengerjakan soal secara bersama.
d.Alas
    tidak ada meja hendaknya sebelum tes sudah di sediakan tripleks atau papan untuk alas. Bila tidak disediakan oleh penyelenggara maka harus di beritahukan sebelumnya agar peserta tes ada persiapan.
e.Peraturan/ sangsi
    Hendaknya sebelum tes dimulai tester memberitahukan peraturan tes dan sangsi apabila peserta melanggar peraturan tes.
f.Pengawasan tester
    Selama peserta mengerjakan tes, tester dapat berjalan-jalan dengan catatan tidak mengganggu suasana, rolling tester dapat berguna agar peserta mengerjakar tes secara wajar/ tidak curang. Bila ada peserta tes yang berbuat curang dapat ditegur oleh tester.
g.Adanya daftar hadir
    Sebagai bukti mengikuti tes maka harus ada daftar hadir. Dalam mengedarkan daftar hadir diharapkan tidak mengganggu ketenangan jalannya tes.
h.Waktu habis
    Apabila waktu tes habis maka tester segera memerintahkan peserta tes untuk  segera meninggalkan ruangan dan tester mulai mengambil lembar jawaban. Tester hendaknya juga meneliti apakah jumlah peserta dengan jumlah lembar jawaban sama.
i.Laporan pelaksanaan tes
    Dalam pelaksanaan tes hendaknya dituliskan secara lengkap, identitas peserta tes, jumlah peserta tes yang hadir dan tidak hadir sesuai daftar peserta, dan bila ada penyimpangan atau kejadian-kejadian penting  maka dicatat dalam berita acara.

0 komentar:

Post a Comment

 
close