Friday, October 9, 2015

Hubungan antara Perkembangan Iptek dengan Ekonomi Bangsa - Perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi (IPTEK) di dunia internasional sudah mengalami perkembangan yang cukup pesat. IPTEK sangat mempengaruhi kehidupan manusia pada saat ini, karena jika manusia tersebut tidak mengikuti tekhnologi atau bahkan tidak mengetahui tekhnologi dapat dipastikan manusia tersebut ketinggalan zaman dan ketinggalan informasi-informasi tentang dunia sekarang. Baik informasi dalam negeri maupun yang mencakup dunia internasional.
Banyak bidang dalam suatu Negara yang sudah terpengaruhi oleh adanya perkembangan IPTEK. Salah satunya adalah ekonomi di mana unsur-unsur dalam bidang ekonomi banyak sudah banhkan keseluruhan sudah dipengaruhi IPTEK untuk mempermudah mendapatkan informasi tentang ekonomi itu sendiri baik dalam negeri maupun luar negeri.
Ekonomi merupakan kebutuhan manusia, maka siapa yang dapat menguasai perekonomian, dialah yang memegang kekuasaan. Pada saat mata pencaharian utama manusia masih menyangkut soal tanah, kaum feodallah yang memegang kekuasaan. Sedangkan ketika industri memegang peranan penting dalam ekonomi maka kaum kapitalislah yang memegang peranan utama dalam penyediaan segala kebutuhan manusia. Sekarang kaum kapitalis industrialis telah banyak mengembangkan usahanya hingga melampaui batas negaranya yang disebut Multi National Corporation ( MNC ). Kadang – kadang perusahaan perusahaan multinasional ini di negara – negara berkembang ikut serta menentukan politik pemerintahan.
            Perusahaan besar semacam Multi National Corporation tidak mungkin berkembang tanpa dukungan teknologi walaupun sebagian penduduk dunia masih hidup di bawah garis kemiskinan namun sebagian besar sudah dapat merasakan manfaat dipergunakannya teknologi modern, karena kebutuhan hidupnya dapat dengan mudah diperoleh dengan harga yang relative lebih murah. Cara pembayarannya pun dapat dilakukan dengan tunai atau kredit.
Pada bidang ekonomi, kemajuan IPTEK dapat dirasakan, hal ini terbukti karena saat ini banyak orang-orang yang kehidupannya makin sejahtera berkat usahanya dalam bidang IPTEK. Sebagai Contoh, kita dapat membuat software game yang saat ini sangat diminati oleh masyarakat terutama pada anak-anak. Selain itu, kita dapat memanfaatkan media elektronik lainnya untuk mengembangkan usaha kita. Dengan teknologi, kita juga dapat mempromosikan usaha-usaha kita.
Untuk perkembangan IPTEK dalam bidang ekonomi di Indonesia banyak menunjukkan kemajuan. Masyarakat dapat memanfaatkan IPTEK yang ada untuk mempermudah perekonomian mereka agar lebih sejahtera. Contohnya adalah marak atau semakin banyaknya proses jual-beli online yang semakin diminati oleh masyarakat. Karena lebih mudah memasarkan produk dan biayanyapun cukup murah.
Dengan demikian, dapat disimpulkan dampak positif dari IPTEK dalam bidang Ekonomi :
-          Pertumbuhan Ekonomi yang Semakin Tinggi
-          Terjadinya Industrialisasi
-          Produktifitas dunia industri semakin meningkat. Kemajuan teknologi, akan meningkatkan baik dari teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi. investasi dan reinvestasi berlangsung secara besar-besaran, sehingga produktivitas dunia ekonomi semakin meningkat.
-          Persaingan dalam dunia kerja, akan menuntut pekerja untuk selalu menambah skill dan pengetahuan yang dimiliki. Kualifikasi tenaga kerja dan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan akan mengalami perubahan yang cepat. akibatnya, pendidikan yang diperlukan adalah pendidikan yang menghasilkan tenaga kerja yang mampu mentransformasikan pengetahuan dan skill sesuai dengan tuntutan tenaga kerja.
-          Mampu menjadikan produk kedokteran menjadi komoditri

Dampak negative dari perkembangan IPTEK dalam bidang ekonomi adalah :
-          Terbukanya pasar bebas, memungkinkan produk luar negeri masuk dengan mudahnya. Dengan banyaknya produk luar negeri yang masuk dan dengan harga yang lebih murah, dapat mengurangi rasa kecintaan kita terhadap produk dalam negeri.
-          Terjadinya pengangguran bagi individu yang tidak memiliki skill dan kualifikasi sesuai dengan yang dibutuhkan
-          Sifat konsumtif sebagai akibat kompetisi yang ketat pada era globalisasi akan melahirkan generasi yang secara moral mengalami kemerosotan. Misalnya : konsumtif, boros dan memiliki jalan pintas yang bermental “instant”.
-          Apabila tidak update dengan IPTEK yang semakin maju, kita akan dipermainkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang sangat ahli dibidangnya.

0 komentar:

Post a Comment

 
close